Baik Untuk Mata? Manfaat Wortel Jauh Lebih Menakjubkan

Manfaat wortel sangat banyak

Daftar Isi Artikel ini

Reading Time: 6 minutes

Wortel Sangat Kaya Nutrisi

Banyak manfaat wortel yang tidak deketahui olebh Masyarakat. Salah satunya adalah karena wortel sumber yang kaya akan vitamin dan mineral, yang mana merupakan elemen esensial untuk ksehatan.

Namun, apakah wortel benar-benar memiliki manfaat kesehatan yang signifikan? Artikel ini akan membahas manfaat wortel dan menelusuri berbagai penelitian ilmiah yang mendukung tentang menfaat wortel.

Kandungan Vitamin Pada Wortel

Wortel merupakan sumber makanan kaya vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia. Berikut adalah list dari beberapa vitamin yang terkandung di dalam wortel:

  • Vitamin A: Wortel kaya akan beta-caroten, senyawa yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Nutrisi ini mendukung penglihatan yang baik dan penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh [1].
  • Biotin: Sebuah vitamin B yang sebelumnya dikenal sebagai vitamin H, biotin memainkan peran penting dalam metabolisme lemak dan protein [2].
  • Vitamin K1: Juga dikenal sebagai filokinon, vitamin K1 penting untuk pembekuan darah dan dapat meningkatkan kesehatan tulang [3, 4].
  • Potassium / Kalium: Potassium / Kalium memegang peranan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, memecah dan menggunakan karbohidrat, serta berperan dalam pembentukan protein. Mineral ini juga memiliki fungsi dalam pengembangan otot, mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh, menjaga tekanan darah dan mengatur aktivitas listrik pada sistem saraf dan jantung [5].
  • Vitamin B6: Vitamin B6 memiliki peran penting dalam pengembangan otak, sistem saraf, serta menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini juga diperlukan untuk menghasilkan energi dari lemak, protein, dan karbohidrat, mendukung produksi antibodi, sel darah merah, dan menjaga keseimbangan kadar gula darah [6, 7].

Kandungan Mineral Pada Wortel

Manfaat wortel yang lain adalah sebagai sumber mineral yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah list beberapa mineral sehat yang ada pada wortel:

  • Beta-carotene: Wortel berwarna oranye mengandung kadar beta karoten yang sangat tinggi. Tubuh manusia dapat menyerap nutrisi ini lebih baik (sampai 6.5 x) jika wortel dimasak sebelum dimakan [8, 9, 10].
  • Alpha-carotene: Sebagai antioksidan, alfa-karoten seperti beta karoten sebagian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda.
  • Lutein: Salah satu antioksidan paling umum dalam wortel, lutein terutama ditemukan dalam wortel kuning dan oranye, dan memiliki peran penting dalam kesehatan mata [11].
  • Lycopene: Antioksidan merah terang yang ditemukan dalam banyak buah dan sayuran merah, termasuk wortel merah dan ungu, dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung [12].
  • Polyacetylenes: Penelitian terbaru telah mengidentifikasi senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi terhadap leukemia dan kanker lainnya [13, 14]
  • Anthocyanins: Antioksidan yang kuat ini ditemukan dalam wortel berwarna gelap. Manfaat anthocyanins sebagai  antioksidan anti-radangan, perlindungan hati, analgesik, dan anti-kanker [15].
Ada banyak manfaat wortel yang bisa kita nikmati.
Wortel tumbuh dari tanah

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan vitamin & mineral pada wortel, kita akan melihat bagaimana efek vitamin dan mineral tersebut dalam tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaatnya berdasarkan penelitian:

1. Wortel Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Salah satu manfaat terkenal dari wortel adalah kesehatan mata yang lebih baik. Sebuah penelitian pada tahun 2013 berjudul “Dietary Sources of Lutein and Zeaxanthin Carotenoids and Their Role in Eye Health” menyatakan bahwa mineral lutein & zeaxanthin dapat dikaitkan dengan pencegahan & penurunan risiko penyakit mata karena umur [16].

Studi yang sama juga menunjukkan bahwa asupan lutein & zeaxanthin dapat membantu dalam mencegah katarak. Katarak adalah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh, yang dapat mengganggu penglihatan.

Penelitian lain menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya beta-karoten, seperti wortel, dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang tua [17].

2. Melindungi Kita dari Beberapa Jenis Kanker

Wortel mengandung carotenoid seperti beta-carotene. Diet kaya karotenoid dapat membantu melindungi dari beberapa jenis kanker. Hal ini termasuk kanker prostat, usus besar, dan perut [18, 19, 20].

Perempuan dengan yang memiliki kadar carotenoid yang tinggi juga dianalisa risiko lebih rendah terkena kanker payudara [21]. Analisa tersebut menyimpulkan bahwa wanita dengan kadar α-karoten, β-karoten, lutein, zeaxanthin, lycopene, dan total karotenoid yang lebih tinggi dalam tubuhnya kemungkinan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Wortel bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang.
Wortel bisa dimakan dengan sayuran lainnya dan memberikan rasa kenyang

Lycopene, salah satu kandungan mineral pada wortel, telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menghalangi siklus sel dan menginduksi apoptosis pada sel kanker [12]. Selain itu, polyacetylene yang diekstrak dari wortel bisa menginduksi apoptosis dan menghambat siklus sel dalam sel-sel lymphoid leukemia pada manusia [14].

3. Manfaat Wortel Terhadap Penyakit Kardiovaskular

Ditemukan kandungan senyawa phenolic pada wortel. Yang mana senyawa ini diketahui dapat memperkecil risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol dan glukosa. [22].

Disisi lain, senyawa phenolic meningkatkan sekresi asam empedu, sehingga tubuh akan mengikat kolestrol dalam darah untuk memproduksi asam empedu yang baru. Proses ini menurunkan kadar kolesterol dan lipid dalam darah, sehingga risiko penyakit kardiovaskular menjadi lebih minim.

Lycopene, mineral yang ditemukan pada wortel juga peran penting dalam melindungi jantung dengan kemampuannya untuk mengatur beberapa proses penting seperti apoptosis dan peradangan [12].

4. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi wortel akan memberikan sensasi kenyang. Ditemukan pada sebuah studi bahwa dengan mengkonsumsi wortel, seseorang akan makan lebih sedikit pada waktu makan selanjutnya [23].

Kelinci juga tahu manfaat wortel
Wortel bermanfaat untuk jantung, mencegah kanker, menyehatkan mata, dan diet menurunkan berat badan.

Selain itu, wortel adalah sayur dengan kandungan kalori yang rendah. Sehingga disimpulkan bahwa wortel merupakan salah satu pilihan menu yang tepat untuk membantu diet berat badan.

Kesimpulan

Wortel adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Mengkonsumsi wortel secara teratur dapat menjaga mata, jantung & pencernaan. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak menambahkan wortel ke dalam pola makan kita.

About the Author

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Scroll to Top