Manfaat Vitamin C : Antioksidan Alami Yang Sangat Efektif

Apa itu vitamin C? Buah-buahan yang memberikan vitamin C

Daftar Isi Artikel ini

Reading Time: 7 minutes

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah nutrisi penting bagi kesehatan manusia. Nutrisi ini memiliki berbagai manfaat yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

Artikel ini akan memberikan penjelasan mendalam tentang vitamin C, termasuk definisi, manfaat untuk kesehatan manusia, sumber alami, dan studi penelitian yang mendukung manfaatnya.

Vitamin C adalah vitamin larut air yang ditemukan dalam berbagai makanan dan suplemen. Ini adalah nutrisi esensial yang berperan dalam berbagai proses biologis di dalam tubuh manusia. Tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C.

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang kuat, yang berarti ia membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C sangat penting untuk kesehatan jaringan penghubung, tulang, dan gigi [1].

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Manusia

1. Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat

Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit [2]. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi durasi dan keparahan gejala pilek [3].

2. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah [4].

Vitamin C terdapat pada buah citrus seperti jeruk dan lemon
Vitamin C terdapat pada buah citrus seperti jeruk dan lemon.
3. Kulit yang Sehat

Vitamin C adalah komponen penting dalam produksi kolagen, yang memainkan peran utama dalam kesehatan kulit. Ini membantu mengurangi keriput, menjaga kulit tetap kenyal, dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari [5].

Kolagen adalah protein yang paling melimpah dalam tubuh manusia dan memainkan peran penting dalam berbagai fungsi biologis. Ini adalah protein serat yang memberikan dukungan struktural pada jaringan.

4. Antioksidan Yang Kuat

Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul radikal bebas. Antioksidan adalah molekul yang dapat meningkatkan pertahanan tubuh.

Dalam studi yang diterbitkan dalam “Antioxidants & Redox Signaling” pada tahun 2013, peneliti menemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung [6].

5. Penyembuhan Luka yang Cepat

Vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis kolagen, yang merupakan protein utama dalam pembentukan jaringan kulit dan penyembuhan luka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu penyembuhan luka yang lebih cepat dan mengurangi risiko infeksi [7].

Vitamin C helps to heal wounds faster
Vitamin C helps to heal wounds faster
6. Membantu Mencegah Kekurangan Zat Besi & Anemia

Suplemen vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang tidak terserap, seperti sumber zat besi yang berasal dari tumbuhan, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap tubuh [8].

Hal ini sangat berguna bagi orang yang sedang menjalani diet tanpa daging, karena daging merupakan sumber utama zat besi.

Bahkan, hanya dengan mengonsumsi 100 mg vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebesar 67% [9]. Sehingga, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko anemia bagi orang yang rentan mengalami kekurangan zat besi.

7. Melindungi Daya Ingat dan Berpikir Anda Saat Menua

Demensia adalah istilah umum yang biasa digunakan untuk menggambarkan gejala berpikir dan daya ingat yang menurun. Kondisi ini mempengaruhi lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia dan biasanya terjadi pada orang usia lanjut [10].

Studi menunjukkan bahwa stress oksidatif dan peradangan di sekitar otak, tulang belakang, dan saraf (secara keseluruhan dikenal sebagai sistem saraf pusat) dapat meningkatkan risiko demensia [11].

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat. Rendahnya kadar vitamin ini telah dikaitkan dalam beberapa studi dengan lemahnya kemampuan berpikir dan mengingat yang terganggu [12, 13].

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan demensia mungkin memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih rendah [14, 15].

Dosis Harian yang Direkomendasikan

Rujukan dosis harian vitamin C dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kebutuhan individu. Secara umum, dosis harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sekitar 65 hingga 90 miligram per hari [16].

Namun, dalam situasi tertentu, seperti saat seseorang mengalami stres oksidatif yang tinggi atau kondisi medis tertentu, dosis yang lebih tinggi dapat dianjurkan.

Dalam studi yang sama, perokok juga turut dihimbau untuk mengkonsumsi jumlah vitamin C dengan dosisi 35 Mg lebih tinggi.

A fat girl eating oranges
A girl eating orange

Sumber Alami Vitamin C

Anda dapat merasakan manfaat vitamin C, melalui makanan sehari-hari. Berikut adalah beberapa sumber alami vitamin C yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran (per 100 gram) :

  1. Kakadu plums (Buah Kakadu): 1000-5300 mg
  2. Acerola cherries (Ceri Acerola): 1677-3000 mg
  3. Rose hips (Buah Rosela): 426-2000 mg
  4. Chili peppers (green) (Cabai Hijau): 242.5 mg
  5. Guavas (Jambu Batu): 228.3 mg
  6. Sweet yellow peppers (Lada Manis Kuning): 183.5 mg
  7. Black currants (Kismis Hitam): 181 mg
  8. Red bell peppers (Lada Merah): 128.7 mg
  9. Kiwifruit (Kiwifruit): 92.7 mg
  10. Lychees (Litchi): 71.5 mg
  11. Persimmons (Buah Persimon): 66.1 mg
  12. Papayas (Pepaya): 60.9 mg
  13. Strawberries (Stroberi): 58.8 mg
  14. Pineapples (Nanas): 47.8 mg
  15. Oranges (Jeruk): 53.2 mg
  16. Clementines (Jeruk Mandarin): 48.8 mg
  17. Lemons (Jeruk Nipis): 53 mg
  18. Raspberries (Raspberry): 26.2 mg
  19. Cranberries (Kranberi): 13.3 mg
  20. Blueberries (Bilberry): 9.7 mg

Kesimpulan

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk kesehatan manusia yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Banyak manfaat vitamin C, seperti untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan kulit yang sehat.

Referensi studi ilmiah telah mengkonfirmasi manfaat vitamin C sebagai elemen penting dalam menjaga kesehatan kita. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memasukkan makanan yang kaya vitamin C ke dalam pola makan Anda.

Penting untuk memastikan asupan yang cukup melalui makanan dan suplemen. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C dalam dosis tinggi.

About the Author

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Scroll to Top