Buah Citrus: Apakah Citrus Seperti Lemon Dapat Mencegah Kanker?

seorang bayi yang sedang ingin memakan buah jeruk yang kaya akan vitamin c

Daftar Isi Artikel ini

Reading Time: 5 minutes

Benarkah Citrus Dapat Mencegah Kanker?

Buah citrus, seperti jeruk, jeruk nipis, lemon, dan grapefruit, adalah sumber vitamin C yang juga kaya akan nutrisi penting lainnya.

Selain memberikan rasa segar dan nikmat, buah-buahan citrus juga telah mendapat perhatian karena potensinya dalam pencegahan kanker.

Sebuah studi [1] menyimpulkan bahwa vitamin C dari jeruk atau lemon bisa dimanfaatkan untuk menghambat sel kanker usus besar.

Hanya saja studi tersebut mengakui, bahwa diperlukan sebanyak 300 jeruk untuk jumlah vitamin C yang diperlukan. Artikel ini akan mengulas manfaat buah jeruk dalam konteks pencegahan kanker, berdasarkan temuan studi ilmiah.

Jeruk & Lemon Penghasil Vitamin C Yang Baik

Buah jeruk dan lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin C dapat berperan dalam pencegahan kanker [2, 3, 4] dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan meredakan peradangan.

Antioksidan Ampuh Lawan Kanker Pada Citrus

Selain vitamin C, buah jeruk dan lemon mengandung beragam antioksidan atau senyawa Fitokimia lainnya, termasuk flavonoid, karotenoid, dan limonoid. Yang mana masing-masing memiliki manfaat dan sifat anti-kanker / anti-tumor.

Flavonoid

Flavonoid telah diteliti untuk kemampuannya menghambat pertumbuhan sel kanker dan meredakan peradangan [5, 6]. Bahkan, studi terbaru mengungkapkan hubungan positif antara konsumsi flavonoid dan penurunan risiko kanker.

Penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention” menunjukkan bahwa diet tinggi flavonoid dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita [7].

Karotenoid

Merupakan senyawa pigmen alami yang memberikan warna cerah pada buah dan sayuran. Mereka adalah pro-vitamin A, yang berarti tubuh manusia dapat mengubahnya menjadi vitamin A.

Selain itu, karotenoid juga memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Beberapa studi ilmiah telah menunjukkan bahwa karotenoid seperti beta-karoten, likopen, dan lutein dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker serviks [8, 9, 10].

Limonoid

Senyawa ini termasuk dalam kelompok metabolit sekunder yang  memberikan rasa pahit pada kulit jeruk, berkontribusi pada aroma dan rasa jeruk & lemon. Limonoid memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Sehingga diyakini memiliki potensi dalam menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penyakit. Limonoid telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia [11] dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker kerongkongan [20].

Buah Citrus & Kanker Lambung

Kanker lambung adalah salah satu jenis kanker yang dapat dihubungkan dengan diet dan pola makan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah citrus, dan makanan kaya serat dapat membantu mengurangi risiko kanker lambung [14, 15].

Selain itu, komponen antioksidan dalam buah-buahan citrus seperti jeruk dan lemon juga dapat melindungi sel-sel perut dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.

Citrus dan Kanker Payudara

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan citrus juga dapat dihubungkan dengan pengurangan risiko kanker payudara [16, 17]. Ini di karena kandungan Fitokimia (Limonoid, Flavonoid, Etc.) yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan Serat dalam Citrus

Buah jeruk & lemon juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mendukung kesehatan usus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat yang tinggi dapat berperan dalam mengurangi risiko kanker usus [12, 13].

Serat membantu membersihkan usus dari bahan-bahan berpotensi berbahaya dan berkontribusi pada regulasi berat badan yang sehat. Selain itu serat juga membantu untuk memelihara mikroba yang baik pada usus. Peranannya penting untuk tubuh.

gambar kebun jeruk dan lemon. Apakah lemon bisa melawan kanker?
Petani Jeruk sedang panen

Mencegah, Melawan & Menghambat, Tidak Menyembuhkan

Pada percobaan menggunakan tikus laboratorium, ditemukan bahwa minuman campuran antara lemon dan jahe dapat menghambat dan mengurangi pertumbuhan tumor pada tikus dengan kanker payudara [18].

Ini diperkirakan karena kandungan Fitokimia yang terdapat pada buah-buahan citrus dan Jahe, yang memiliki sifat anti-tumor.

Buah-buahan citrus dapat membantu melawan kanker dengan membuat karsinogen menjadi tidak aktif, dan menghalangi pembentukan kanker [19].

Namun sayangnya, belum ada percobaan definitif yang dilakukan pada manusia untuk menyimpulkan bahwa kandungan pada buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon, dapat benar-benar menyembuhkan penderita kanker.

About the Author

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Scroll to Top